Ketahui Tentang Bahaya Narkoba yang Dapat Merusak Hidup Anda

Fitria Nurma Anjarwati Oktober 30, 2022

Narkotika merupakan zat buatan yang berasal dari tanaman dan memberikan efek halusinasi, penurunan kesadaran hingga menyebabkan kecanduan. Pada tahap kecanduan, terjadi akibat narkoba dipakai secara berlebihan.

Pada awalnya, narkotika berfungsi sebagai obat penenang atau penghilang rasa nyeri di dunia kesehatan. Seperti yang sudah diketahui, ada beberapa jenis obat-obatan yang termasuk ke dalam jenis narkoba yang digunakan dalam proses penyembuhan karena efeknya yang bisa menenangkan. Namun jika dipakai dalam dosis yang berlebih, bisa menyebabkan kecanduan. Penyalahgunaan ini karena pemakai merasakan efek yang menyenangkan. 

Dari sinilah muncul keinginan untuk terus menggunakan agar mendapat ketenangan yang bersifat halusinasi. Walaupun dampak narkoba sudah banyak diketahui namun tetap saja penggunanya tetap banyak. Dan hal ini merupakan penyalahgunaan fungsi obat dan merupakan pelanggaran yang bisa terkena sanksi hukum.

Bahaya Narkoba 

Sebagian besar dari pengguna narkoba tidak menyadari efek negatif yang menghantuinya. Mereka hanya merasakan kesenangan sesaat sebagai pelarian dari permasalahan hidup yang dihadapi. Berikut ini beberapa bahaya narkoba yang tidak bisa dianggap remeh. 

1. Turunnya kesadaran sampai hilang ingatan

Bahaya narkoba yang pertama adalah menurunnya kesadaran yang dapat berujung hilangnya ingatan. Hal tersebut dikarenakan narkoba menimbulkan efek sedatif seperti kebingungan, hilang ingatan, perubahan perilaku, tingkat kesadaran menurun dan koordinasi tubuh yang menjadi terganggu. 

2. Dehidrasi

Bahaya narkoba yang selanjutnya adalah dehidrasi akibat ketidakseimbangan elektrolit. Jika hal ini terjadi maka pengidap bisa merasakan panik, sakit pada dada, halusinasi, bahkan kejang. Apabila dibiarkan tanpa penanganan, gejala-gejala tersebut dapat berujung pada kerusakan otak. 

3. Perubahan pada sel otak

Bahaya narkoba yang satu ini dapat terjadi apabila digunakan dalam jangka panjang dan dalam dosis yang tinggi. Karena beberapa jenis narkoba memaksa otak bekerja bukan sebagaimana mestinya. Perubahan sel otak akan mengganggu komunikasi antar sel syaraf, sehingga akan menyebabkan kerusakan otak yang permanen. 

4. Menurunkan kualitas hidup

Narkoba dapat berdampak pada kesehatan fisik dan mental seseorang. Sehingga hal tersebut dapat berujung pada penurunan kualitas hidup bagi penggunanya. Karena rasa ketagihan dari pengguna yang semakin memicu meningkatkan dosis pemakaian. 

Jika pengguna tidak bisa memenuhi keinginannya, maka bisa saja mereka melakukan tindak pencurian demi untuk bisa membeli narkoba. Sehingga dengan begini maka bukan saja mengganggu hubungan social saja, namun sudah menjurus ke tindakan kriminal yang bisa berujung pada sanksi pidana. 

5. Kematian

Bahaya narkoba yang paling parah adalah kematian. Kondisi ini terjadi karena penggunaan dalam dosis yang berlebihan sehingga tidak bisa ditoleransi oleh tubuh. Sehingga berakibat pada kematian.

Dalam kasus yang ringan, kecanduan narkoba akan menimbulkan halusinasi, sakau, perubahan suasana hati, nafsu makan menurun, libido yang menurun serta perilaku yang berubah. Keadaan ini perlu segera mendapatkan penanganan yang tepat, supaya proses penyembuhan bisa segera dilakukan. 

Apabila keadaan ini dibiarkan berlarut, akan muncul gejala dalam intensitas berat seperti penurunan kesadaran, henti napas, kejang-kejang, serangan jantung, gangguan psikologis, bahkan overdosis yang bisa berakibat fatal yaitu kematian.

Itulah bahaya narkoba yang harus dapat kita hindari. Keluarga mempunyai peranan yang sangat penting dalam mencegah penyalahgunaan obat-obatan. Dan apabila mendapati anggota keluarga yang kecanduan narkoba, segera bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Selalu jaga komunikasi dengan anggota keluarga serta terapkan pola hidup sehat untuk bisa terhindar dari penyalahgunaan obat ini.   


Artikel Terkait

Latest
Previous
Next Post »