Apa Itu Google Workspace dan Fitur Terbaik Di Dalamnya

Juli 08, 2022


Google Workspace merupakan bagian dari teknologi yang memudahkan anda terutama para pekerja untuk mendukung produktivitas. Sebelumnya, Google Workspace ini dikenal sebagai G Suite atau Google Suite di mana merupakan fitur layanan dari Google yang mengintegrasi banyak aplikasi milik Google. Seperti misalnya aplikasi Gmail, Calendar, Drive, Docs, Sheets dan masih banyak lagi. Fitur ini sendiri resmi ada sejak tahun 6 Oktober 2020 dan di Indonesia juga sudah hadir sebagai Google Workspace Indonesia

Google Workspace memiliki fitur keunggulan untuk memudahkan pekerjaan Anda, kapan saja dan di mana saja. Berikut ini beberapa fitur yang bisa Anda coba. 

1. User Experience

Seperti namanya maka fitur ini merupakan layanan aplikasi yang mendukung segala jenis kebutuhan kerja. Sangat tepat untuk Anda yang sampai saat ini masih bekerja work from home. 

2. Sistem Keamanan Baru

Yang kedua fitur atau layanan dari Google ini juga sangat baik dalam menjaga keamanan akun. Anda tidak perlu was-was saat melakukan komunikasi baik berbasis teks atau video. 

Sistem keamanan baru ini tentu saja punya tujuan untuk menghindari penyalahgunaan saat melakukan audit logging. Selain itu tentu saja membantu pencegahan adanya kendala saat melakukan video conference. 

3. Mention Rekan Kerja

Pada Google Workspace Indonesia terdapat pula fitur yang namanya mention. Fitur ini dapat membantu Anda untuk melakukan mention kepada rekan kerja dan merupakan fitur yang sangat populer di media sosial. Lewat fitur tersebut, dapat memunculkan informasi detail terkait kontak rekan kerja Anda. 

4. Review Dokumen

Selanjutnya Anda bisa juga memanfaatkan fitur review dokumen. Yang unggul dari fitur ini adalah Anda bisa langsung melakukan review dokumen tanpa harus membuka tab baru di Google Workspace. Tentu saja kegiatan ini akan sangat menghemat waktu apalagi ketika anda sedang melakukan meeting online. 

Untuk pengguna Google Meet, Anda bisa langsung membuat dokumen dan bisa edit. Bisa dibilang Google Workspace membantu pekerjaan bahkan oleh orang awam sekalipun. 

5. Ragam Aplikasi Di Google Workspace 

Google Workspace memiliki banyak fitur tambahan seperti aplikasi CRM. Aplikasi ini dapat mengintegrasikan informasi CRM ke berbagai aplikasi. Sementara itu untuk aplikasi pengelolaan project bisa membantu melakukan otomatis tugas. Misalnya membuat project langsung lewat Gmail. 

Kemudian yang terakhir ada juga fitur solusi admin. Fitur ini dapat membantu untuk pengelolaan admin dan terdapat fitur lengkap di dalamnya seperti kebijakan keamanan untuk perlindungan sandi dan laporan keamanan khusus. 


Untuk penggunaan Google Workspace sendiri Anda bisa mendapatkan gratis uji coba selama 14 hari. Setelah itu, wajib membayar dengan harga Google Workspace senilai $4.20 untuk kategori Business Starter, sementara untuk kategori Business Standard dikenakan $9.60 dan untuk kategori Business Plus dikenakan $18 per bulan. 

Selain itu, bagi Anda yang ingin menggunakan server virtual maka bisa memanfaatkan Cloud Server Indonesia dengan aman di CBNCloud. Biasanya  server dipakai untuk penyimpanan virtual, yang tentu saja lebih praktis dibanding ruang penyimpanan fisik. Apalagi kemudahan pengaksesan data juga lebih mudah melalui perangkat apapun mulai dari desktop, tablet sampai smartphone. 

Penggunaan cloud server juga dapat meminimalisir tingkat kehilangan data yang tentu saja lebih unggul dibanding penggunaan harddisk atau media storage fisik lainnya, yang bisa saja rusak sehingga data hilang. Untuk cara berlangganannya yaitu dengan melakukan pengiriman inquiry via email ke sales@cbncloud.co.id. Informasi lebih lengkap, bisa langsung mengunjungi cbncloud.co.id. 


Artikel Terkait

Previous
Next Post »