Pembagian Jumlah Kadar Gula Darah Normal dan Tips Mempertahankan Gula Darah Normal

November 04, 2021


Sangat penting sekali untuk mengetahui gula darah normal, karena hal itu dapat membantu mencegah diabetes. Tingkat kadar gula yang terlalu tinggi ataupun terlalu rendah, semua itu akan menyebabkan suatu masalah untuk kesehatan badan kita. Seperti yang telah kita ketahui bahwa tubuh manusia teriri dari berbagai system yang kompleks, maka dari itu kita selaku makhluk hidup,sudah sewajarnya untuk menjaga kesehatan. Manusia akan membutuhkan asupan makanan yang bergizi tentunya degan kadar yang seimbang, jika asupan gizi pada tubuh manusia tidak terpenuhi, maka dengan sendirinya dapat menimbulkan masalah kesehatan. Dalam tubuh manusia itu terdapa gula darah, yakni gula yang terdapat dalam darah yang terbentuk dari asupan akanan yang mengandung karbohidrat dalam makanan dan disimpan dalam bentuk glikogen di hati dan otot rangka. Penting sekali untuk mengukur kadar gula darah normal secara berkala karena kadar yang tinggi akan menyebabkan hiperglikemia, yaitu kadar gula darah yang tinggi dengan nilai lebih dari normal.


Tingkat kadar gula akan menjadi tinggi jika tubuh tidak memproduksi insulin atau insulin tidak bekerja dengan baik sehingga hal ini dapat menyebabkan diabetes tipe 2 atau diabetes mellitus yang dikenal juga sebagai kencing manis. Sementara kadar gula darah normal menunjukkan dimana jumlah gula dalam darah tidak terlalu rendah atau terlalu tinggi. Untuk membantu mempertahankan kadar gula darah normal, misalnya dapat dilakukan dengan menjaga pola makan, aktivitas dan minum obat yang dibutuhkan.


Pembagian Kadar Gula Darah Normal


Menurut publikasi yang disampaikan Kementrian Kesehatan RI, jumlah kadar gula darah normal dibedakan menjadi 2, yaitu sebagai berikut :


1. Gula Darah Sewaktu (GDS) / tanpa puasa adalah < 200 mg/dL, yaitu merupakan parameter pemeriksaan kadar gula darah yang dapat diukur setiap saat tanpa memperhatikan waktu pasien terakhir kali makan. Kadar gula normal berkisar antara 80-130 mg/dL atau 4,4 – 7,2 mmol/L sebelum makan. Dan kurang dari 180 mg/dL atau setara dengan 10,0 mmol/L dalam waktu 2 jam setelah makan.


2.  Gula Darah Puasa (GDP) adalah < 126 mg/dL, yaitu merupakan parameter pemeriksaan kadar gula darah yang diukur setelah pasien berpuasa terlebih dahulu setidaknya 8 jam. Kadar gula darah normal saat puasa adalah antara 70 mg/dL hingga 100 mg/dL (3,9 mmol/L – 5,6 mmol/dL). Dan jika saat puasa kadar gula darah mencapai 100-125 mg/dL (5,6 – 6,9 mmol/L), WHO menyarankan untuk mengubah gaya hidup dan memantau kadar gula darah lebih lanjut.


Kadar gula darah akan sedikit lebih tinggi terdapat pada kelompok berikut ini :


1.   Usia di atas 60 tahun


2.   Memiliki riwayat penyakit lain seperti penyakit jantung, paru-paru atau ginjal


3. Memiliki ketidaksadaran hipoglikemia atau kondisi dimana kadar gula rendah tapi tidak menyadarinya.


Tips Mempertahankan Kadar Gula Normal

Beberapa cara untuk mempertahankan kadar gula darah normal adalah sebagi berikut :


1. Menjaga berat badan yang ideal dan sehat

2. Mengkonsumsi makanan yang sehat terutama buah dan sayuran

3. Memilih menu diet sehat yang rendah kalori

4. Melakukan aktivitas fisik secara teratur

5. Mengukur kadar gula darah secara berkala

6. Mengatur waktu makan yang teratur dan tidak melewakan jam waktu makan

7. Memantau asupan makanan, minuman dan aktivitas fisik

8. Minum air putih

9. Tidak menkonsumsi alcohol

10. Mengontrol porsi makan

 





Artikel Terkait

Previous
Next Post »