Penjelasan dan Penngertian Beragam Jenis Faktur Pajak

Juni 09, 2021



Faktur adalah sebuah dokumen yang berisi perincian atau penjabaran pengiriman barang yang mencatat daftar barang, hargda dan hal-hal lain yang biasanya terkait dengan penagihan untuk pembayaran yang dikeluarkan penjual kepada pembeli.

Sedangkan apa itu faktur pajak ? Faktur pajak adalah sebuah bukti pungutan pajak pengusaha kena pajak, hal ini membuat jika Pengusaha kena pajak menjual suatu barang atau jasa kena pajak, pengusaha kena pajak harus menerbitkan faktur pajak sebagai tanda bukti dirinya telah memungut pajak dari orang yang telah membeli barang/jasa kena pajak tersebut. Barang/jasa kena pajak yang diperjualbelikan, telah dikenai biaya pajak selain harga asli barang/jasa tersebut.

Pengusaha kena pajak merupakan perusahaan yang melakukan penyerahan barang kena pajak dan dikenai biaya pajak tambahan Nilai(PPN). Pengusah kena pajak harus dikukuhkan terlebih dahulu dengan oleh DJP, dengan beberapa persyaratan tertentu.

Faktur pajak mempunyai fungsi diantaranya

·       Berfungsi bagi pengusaha kena pajak

Dengan adanya faktur pajak maka pengusaha kena pajak memiliki bukti bahwa pengusaha kena pajak telah melakukan pemungutan hingga pelaporan SPT Masa PPN sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Faktur pajak mempunyai berbagai jenis diantaranya

·       Faktur pajak keluaran

·       Faktur pajak masukan

·       Faktur pajak pengganti

·       Faktur pajak gabungan

·       Faktur pajak digunggung

·       Faktur pajak cacat

·       Faktur pajak batal

1.       Faktur pajak keluaran

Faktur pajak keluaran adalah jenis faktur pajak yang dibuat oleh PKP saat melakukan penjualan terhadap barang kena pajak.

2.       Faktur pajak masukan

Faktur pajak masukan merupakan jenis faktur pajak yang didapatkan oleh pengusaha kena pajak ketika melakukan pembelian terhadap barang kena pajak atau jasa kena pajak. Faktur pajak yang dibayar oleh pengusaha kena pajakatas perolehan BPK/JKP.

3.       Faktur pajak pengganti

Faktur pajak pengganti adalah jenis faktur pengganti atas faktur pajak yang telah terbit sebelumnya dikarenakan ada berbagai kesalahan saat pengisian data.

4.       Faktur pajak gabungan

Faktur ini dibuat oleh pengusaha kena pajak yang meliputi seluruh penyerahan yang dilakukan kepada pembeli barang kena pajak atau jasa kena pajak.

5.       Faktur pajak digunggung

Faktur ini tidak dilengkapi dengan data pembeli, dan tanda tangan penjual.

6.       Faktur pajak cacat

Merupakan faktur pajak yang tidak diisi secara benar, lengkap dan jelas, termasuk kesalahan dalam pengisihan kode nomor seri. Selain itu tidak ada tanda tangan dari pengusaha kena pajak

7.       Faktur pajak batal

Faktur pajak batal adalah faktur pajak dibatalkan dikarenakan adanya pembatalan transaksi.

Artinya ketika disepakati adanya penyerahan barang/jasa kena pajak namun dibatalkan karena adanya pembatalan dari pengusaha kena pajak.

Faktur pajak sekarang sudah diterapkan kementrian keuangan yang menerbitkan peraturan yang menetapkan pengertian bentuk faktur pajak yang baru.

E-faktur mempunyai manfaat bagi PKP diantaranya

·       E-faktur dilakukan secara system elekronik jadi tidak perlu mencetak dan akan mengurangi biaya cetak.

·       Pengusaha yang menggunakan e-faktur pajak dapat meminta nomor seri faktur melalui situs pajak dan tidak perlu datang KKP.

Bagi pengusaha kena pajak pembeli.

·       Terlindung dari penyalagunaan faktur pajak tidak sah karena e-faktur dilengkapi dengan QR code.

·       Infomasi yang terdapat di QR code dapat yang dapat dengan mudah dengan aplikasi QR code.

Manfaat e-faktur bagi pemerintah

·       Kemudahan pengawasan dengan adanya validasi pajak keluaran dan pajak masukan dan data lengkap dari setiap faktur.

·       Memudahkan pelayanan  karena dapat memercepat proses pemeriksaan,pelaporan, dan pemberian nomer seri faktur.

v

Artikel Terkait

Previous
Next Post »