Cara Mencuci Mobil yang Baik dan Benar

Januari 06, 2021

 


Mencuci mobil adalah bagian dari perawatan rutin sebenarnya, body mobil yang bersih akan membuat kita lebih nyaman memandangnya kemudian juga lebih percaya diri kalau di parkir di luar.

Ada kepercayaan yang tersebar luas di kalangan pemilik mobil bahwa terlalu sering terpapar air dan bahan kimia dapat mempercepat korosi.

Para ahli menyangkal pernyataan ini, dengan mencatat, bahwa setelah mencuci lebih baik mengemudikan mobil untuk mengeringkan semua body mobil.

Biasanya jika anda ingin membeli mobil dengan berbagai type dan merek misalkan ketik anda berkunjung ke dealer toyota terdekat dari tempat anda disana umumnya juga ada jasa pencucian mobil yang lebih berkualitas.

Mencuci mobil sendiri bukan hanya kesempatan untuk menghemat uang, tapi juga kesempatan untuk menyelamatkan mobil dari masalah kecil yang bisa jadi karena kecrobohan tukang cuci bisa saja memberikan efek buruk pada mobil anda.

Ada beberapa detail tentang mencuci body mobil yang perlu anda pahami: Anda perlu merendam, melembutkan sebanyak mungkin kotoran kering pada body mobil, dan kemudian menghilangkannya.

Kemduian jangan sampai meninggalkan goresan pada cat. Inilah salah satu kunci utama pencucian mobil.

Adanya debu dan kotoran pada cat bagian body mobil hampir tidak terlihat dengan mata telanjang.

Umumnya, tempat mencuci mobil harus dipilih agar tidak menimbulkan kerusakan maka kadang banyak orang memilih mencuci mobil sendiri. Ya sudah jelas dong, mobil yang sudah anda beli mahal mahal di showroom toyota terdekat di daerah anda kalau kotor kan gak enak memandanganya maka harus segera dibersihkan.

Jika anda ingin membuat permukaan mobil anda berkilau sempurna, setelah mencuci anda tidak perlu menunggu pengeringan alami dari kelembapan, tetapi lakukan sendiri bisa dengan kanebo misalkan.

Dari sisi perlengkapan sendiri memang standar sekali mulai dari ember, spons dengan pori-pori besar atau pencuci mobil khusus, sampo mobil, kain lembut yang tebal. Sangat dianjurkan untuk memiliki selang dengan aliran air, dan idealnya peralatan bertekanan tinggi.

Shampoo dibutuhkan untuk memberikan perlindungan pada setiap butiran pasir setiap partikel kotoran dalam cangkang busa yang lembut agar tidak menggores cat.

Dalam seember air, basahi waslap, lalu tuangkan satu atau dua tutup sampo ke atasnya. Dengan spons yang dibasahi secara peraham dengan cara ini, bersihkan kotoran, mulai dari atap, turun ke jendela, kap mesin, bagasi dan dinding samping.

Saat membilas spons di dalam ember, jangan merendamnya terlalu dalam, karena butiran pasir dan partikel kotoran yang menggores cat terus menempel lebih dekat ke dasar di dalam air.

Saat air di ember menjadi kotor, itu harus diganti sesuai dengan porsi sampo yang baru. Bilas ember secara menyeluruh setiap kali.

Untuk bodi bagian bawah gunakan waslap kotor, untuk roda alangkah baiknya memiliki ember terpisah.

Jika anda tidak memiliki waktu kami sarankan coba cari tempat cuci mobil yang sudah berpengalaman biasanya lokasinya terkadang berada di bengkel toyota terdekat atau Honda, Yamaha, Suzuki dan lainya.

Setelah menggunakan spons, bilas kembali mesin secara menyeluruh dengan selang (ember, peralatan bertekanan tinggi) untuk membilas sisa sampo dan kotoran.

Tanpa membiarkan mesin mengering, sedot air dengan chamois atau kain lembut. Peras serbet saat dibasahi dan bilas dengan seember air bersih. Langkah pembersihan terakhir adalah mengumpulkan kelembapan dengan kain lembut untuk memberi kilau pada cat.

Dibandingkan dengan layanan pencucian mobil, setelah mencuci dengan tangan anda sendiri, mobil biasanya ternyata lebih bersih - dengan jari-jari cakram yang dicuci bersih, bukaan pintu yang bersih dan karet gelang di dalamnya, dengan pelat dan aksesoris masih lengkap.

Jenis pencucian mobil

Non-kontak - menghilangkan kotoran dengan deterjen non-kontak khusus dimana proses pencucian mobil dilakukan di aliran di bawah tekanan tinggi.

Kontak - pembersihan kotoran secara mekanis dengan sikat, spons, kain dan alat lainnya. Biasa anda bersihkan sendiri atau dibengkel.

Cuci mobil manual - manual oleh pekerja dengan menggunakan air, bahan kimia khusus dan spons.

Kering polimer, gel - produk berbasis gel disemprotkan ke mesin dan setelah beberapa menit kotoran mulai melunak, bersihkan dengan kain, dan lapisan pelindung diaplikasikan di atasnya.

Steam eco-wash tanpa deterjen dan dengan sedikit air, yang berubah menjadi uap dan tidak hanya membersihkan tubuh, tetapi juga interior mobil.

Itu dia beberapa cara membersihkan mobil sendiri di rumah yang bisa anda lakukan sendiri untuk mengehmat bajed tentu saja. Karena harga cuci mobil sendiri sekarang ini lumayan mahal saya sampai 50 dan ratusan ribu.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »