Apa Itu PVC Waterstop?

Januari 21, 2021


 

PVC waterstop adalah sebuah material yang cukup penting perannya dalam konstruksi bangunan. Alat ini punya fungsi umum untuk mencegah sambungan beton mengalami kebocoran. Waterstop dari bahan pvc ini cukup diandalkan ketika melakukan kontruksi beton bertulang. Seperti diketahui bahan PVC punya tekstur yang lentur dan juga kuat sehingga lebih dipilih untuk pembuatan waterstop.

 

Berkenalan Dengan PVC Waterstop

Anda tentu tahu bahwa, air memiliki sifat mampu masuk ke segala tempat bahkan celah-celah benda. Nah ketika membuat struktur tulangan beton dibuat dari kombinasi material bangunan mulai dari besi tulangan. Komponen ini punya fungsi untuk dijadikan sebagai kerangka beton, dan membentuk kepadatan beton. Untuk materialnya terdiri dari semen, batu, pasir dan juga kerikil. Bahan-bahan ini sengaja dipilih agar air tidak masuk pada struktur beton lewat pori-pori apapun celah-celah yang ada.

Nah bagi Anda yang sedang mencari waterstop, tentu bisa mencarinya di distributor waterstop agar bisa mendapatkan harga yang lebih terjangkau. Dengan adanya material yang kuat waterstop tentu memungkinkan tidak terjadinya kebocoran pada beton. Hal ini karena material yang digunakan cukup kuat, awet dan juga tahan terhadap air serta mencegah timbulnya korosi. Korosi bisa terjadi akibat rembesan air terus-menerus melewati tulang besi yang ditanam pada struktur beton.

 

Bahan Pembuat PVC Waterstop

Tahukah Anda apa saja bahan untuk pembuatan PVC Waterstop? Waterstop dari pvc ini dibuat dari bahan yang fleksibel dengan sifat fisik elastis serta tahan terhadap bahan kimia juga tentunya tekanan air. Waterstop banyak digunakan serta populer untuk sambungan konstruksi. Bahan bangunan ini juga tersedia dalam beberapa jenis dan ukuran. Maka dari itu dalam pemilihannya anda tentu membutuhkan seorang ahli untuk menentukan apakah nantinya sambungan bisa bergerak atau tidak bergerak.

Salah satunya yaitu swelable waterstop, yang dibuat dari bahan bentonite dengan menggunakan butyl rubber compound. Bahan ini akan mengembang beberapa hari ketika sudah bersentuhan dengan air dan mengalami pemuaian 300%  dari bentuk semula. Biasanya waterstop jenis ini ditempatkan Pada sambungan pengecoran agar menghambat air menembus struktur beton. Pengembangan yang akan dilakukan dalam celah sambungan, tentu akan menutup celah-celah yang tertinggal agar air benar-benar bisa disumbat. Sweleable umumnya banyak dipasang untuk pembuatan beton yang rumit. Mulai dari lantai, tangki air, dinding basement, kolam renang dan masih banyak lagi. Nah untuk waterstop jenis ini cukup sulit digunakan dan diaplikasikan secara sempurna.

 

Kelebihan PVC Waterstop

Ada beberapa kelebihan dari waterstop berbahan PVC yang bisa anda dapatkan jika memilih produk ini.

       Punya ketahanan yang bagus terhadap asam, basa dan juga air limbah.

       Produk ini tidak mampu bereaksi meski bersentuhan langsung dengan air.

       Tidak mudah rusak dan juga robek.

       Punya ketahanan yang baik terhadap tekanan yang berat yang umumnya diakibatkan oleh struktur beton.

 

Fungsi Waterstop

Waterstop punya beberapa fungsi yang bisa diaplikasikan ke beberapa bangunan.

  1. Waduk
  2. Bendungan
  3. Kolam ikan
  4. Kolam renang
  5. Pabrik pengolahan air
  6. Gedung-gedung
  7. Saluran air
  8. Gorong-gorong
  9. Terowongan
  10. Kanal
  11. Serta bangunan-bangunan yang tidak ingin mengalami kebocoran pada tulang beton.

 

Demikian pengenalan seputar PVC Waterstop. Untuk Anda yang ingin membeli komponen produk ini, disarankan agar memilih hanya di toko terpercaya salah satunya pada CV. Pasti Jaya. Untuk warga Jogjakarta dan sekitarnya, Anda juga bisa membelinya produk ini karena sudah tersedia di daerah Sleman. Bahkan CV. Pasti Jaya sendiri sudah membuka kantor cabang di daerah Yogyakarta.

Artikel Terkait

Latest
Previous
Next Post »