Jenis-jenis beras yang ada di Indonesia beserta harganya

Juli 04, 2020
Indonesia memang terkenal dengan hamparan tanahnya yang sangat luas meskipun terpisah-pisah oleh lautan, tetapi hal tersebut tidak mempengaruhi kekayaan yang di miliki oleh Indonesia. saah satu hal yang terkenal dari Indonesia di mancanegara yaitu adalah nasi, bukan hanya di Indonesia saja, nasi juga memang sangat populer di asia, seperti di Malaysia, china, Vietnam dan Thailand. Tapi perlu kalian ketahui di Indonesia ternyat beras ini memiliki banyak sekai ragamnya. Bukan hanya beras putih saja yang populer, ada beras merah yang terkenal cocok untuk digunakan untuk orang yang sedang melakukan program diet karena beras merah ini memiliki kandungan serat yang tinggi, mengandung MG, vitamin B dan juga kandungan asam amino yang sangat penting untuk tubuh kita, kemudian ada beras lain seperti beras ketan dan juga beras hitam yang memiliki kandungan lebih menakjubkan lagi, hanya saja beras hitam ini sangat langka. Dengan adany beras-beras tersebut eperti beras merah dan beras hitam yang dikatakan lebih baik, tetapi bukan berarti beras putih yang biasa tidak baik. Tentu saja kandungan nutrisi pada beras sangatlah baik, tetapi perlu diketahui lagi bahwa jenis beras putih di Indonesia juga sangat banyak loh. dan pastinya beras-beras tersebut memiliki beberapa kelebihan . 
pada artikel kali ini kami akan membahas beberapa jenis beras yang ada di Indonesia dan kami juga akan mencantumkan harga beras tersebut. 

1.    Beras setra ramos

Beras setra ramos atau yang dikenal juga dengan sebutan beras IR 64. Beras ini merupakan salah satu beras yang disukai oleh banyak masyarakat yang tinggal di kota, dan juga beras ini memiliki harga yang bisa dikatakan cukup terjangkau. Kelebihan dari beras ini adalah kepulenannya saat sudah dimasak menjadi nasi. Namun kaian juga harus tahu, bahwa jika beras ini disimpan terlau lama maka beras ini akan menjadi pera dan beras ini juga akan menjadi cepat basi saat sudah dimasak menjadi basi, jadi untuk kalian yang ingin beras ini, pastikan kalian tidak menyimpannya terlalu lama, maksimal kalian menyimpannya 3 bulan saja. ciri dari beras ini yaitu berbentuk lonjong, warna bening sedikit keputihan dan tidak mengeluarkan aroma wangi. Jadi untuk kaian yang menemukan beras berbentuk lonjong dengan aroma wangi dan warnanya putih seperti beras ketan, sebaiknya kalian berhati-hati karena tidak sedikit penjual nakal yang menambahkan aroma kimia, pelican dan pemutih pada beras yang mereka jual. Harga untuk 1 kg beras setra ramos ini yaitu sekitar Rp. 12.500.

2.    Beras IR 42

Beras yang satu ini juga salah satu jenis beras yang cukup populer di Indonesia. bentuk dari beras ini hampir mirip dengan bentuk beras setra ramos atau beras IR 64 hanya saja ukuran beras IR 42 ini lebih kecil. Beras ini biasanya cocok untuk digunakans ebagai nasi olahan, seperti nasi goreng, ketupat, lontong dan olahan nasi lainnya. Karna beras ini saat dimasak menjadi nasi cenderung pera dan tidak pulen. Beras ini memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan beras setra ramos, alasan kenapa beras ini lebih mahal karena beras jenis IR 42 ini sangat jarang di tanam oleh para petani. Harganya yaitu sekitar Rp. 13.500

Itulah 2 jenis beras dengan nama yang mirip, tetapi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian!

Artikel Terkait

Previous
Next Post »