Berapa Lamakah Waktu Pemasangan Behel Gigi?

Desember 09, 2019




Apakah kamu berencana memasang kawat gigi? Atau, ingin merapikan gigi yang tidak rata? Salah satu jalannya adalah menggunakan kawat gigi atau dikenal dengan nama behel gigi. Penggunaan kawat gigi ini memang bisa membantu merapikan gigi dengan mudah dan harga pasang behel-nya pun lumayan murah. Karena itu, jika kamu memiliki gigi yang kurang rapi disarankan untuk memakainya. 

Namun, yang menjadi permasalahannya adalah berapa lamakah waktu pemakaian kawat gigi ini? Dan apakah ada efek samping jika memakainya terlalu lama?

Melansir dari sehatq.com, waktu ideal pemasangan kawat gigi ini adalah sekitar dua sampai tiga tahun. Akan tetapi, waktu yang dibutuhkan tentu berbeda-beda setiap orang tergantung pada:
    -          Seberapa parah susunan gigi pada mulut
    -          Ruang yang tersedia untuk pergeseran gigi
    -          Berapa jauh gigi harus bergeser
    -          Kesehatan tulang penyangga gigi, gusi, dan gigi itu sendiri
    -          Ketaataanmu dalam mengontrol sekaligus merawat gigi tersebut ke dokter

Pemasangan kawat gigi ini tentu tidak memberikan efek samping yang serius pada kesehatanmu. Walaupun begitu, rutinlah selalu mengeceknya ke dokter gigi agar keelastisan kawat gigi tidak berkurang sekaligus tetap kuat menggeser gigimu.

Nah, untuk kamu yang ingin memasang kawat gigi, ada beberapa jenis kawat gigi yang bisa kamu pasang untuk gigi, seperti:

  1. Kawat gigi konvensional, kawat ini kerap dipakai di Indonesia dan terdiri dari karet behel, kawat melengkung, bracket, dan sebagainya.
  2. Kawat gigi self-ligating, bentukannya memang terlihat mirip dengan kawat gigi konvensional tetapi tidak memerlukan karet untuk menahan kawat agar tetap berada pada bracket. Kawat gigi lingual, dipasang di bagian dalam gigi dan bentuknya mirip dengan kawat gigi konvensional. 
  3. Aligners transparan, salah satunya yang dimiliki oleh Rata, The First Indonesian Clear Aligner. Pemasangan kawat gigi yang diperkenalkan Rata ini menggunakan material transparan sehingga ketika digunakan tidak akan terlihat menggunakan kawat gigi. Ini tentu sangat bermanfaat untuk kamu yang tidak suka memperlihatkan kawat gigi tersebut.

Jadi, intinya untuk waktu pemasangan ini akan berbeda-beda setiap orang tergantung pada tingkat keparahan gigi orang tersebut. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait

Previous
Next Post »