Ternyata Ini yang Harus Diperhatikan dalam Membuat Tanaman Aquascape Terlihat Indah dan Sehat

Desember 04, 2019


Aquascape menurut sebagian orang merupakan sebuah seni, seni dalam mendekorasi akuarium. Karena merupakan sebuah dekorasi atau penataan, tentunya ada bahan yang menjadi bagian untuk dekorasi itu sendiri. Dalam aquascape, bahan-bahan untuk mendekorasi akuarium terdiri dari tanaman, pasir silica, pupuk cair, ikan atau reptil, CO2, bebatuan atau kayu sintesis, air tawar dan paludarium.
Saat ini tren aquascape didukung oleh tanaman aquascape yang berhasil menyita mata publik dengan keindahan. Tanaman ini merupakan tanaman air tawar yang bisa ditanam di dalam akuarium. Beberapa tanaman yang dimaksud adalah Amazon Sword, Java Moss, Water Wisteria, Lilaeopsis dan Dwarf Baby Tears.
Menurut artikel.rumah123.com (21/11/2019) bahwa 5 tanaman tersebut dipilih karena paling mudah dalam perawatannya. Seperti tanaman Amazon Sword yang disukai ikan sebagai tempat sembunyi karena memiliki daun yang panjang dan tajam ini hanya perlu diperhatikan suhu airnya saja yaitu antara 22-28 derajat celcius dengan pencahayaan yang sedang.
Lain halnya dengan tanaman aquascape Java Moss yang bisa toleran pada beragam pencahayaan dan tingkat suhu antara 21-32 derajat celcius. Selain mudah dalam perawatannya Java Moss juga bisa tumbuh di batu dan kayu apung. Dan jika ada yang menjadikan karpet tanaman pada aquascape, dialah tanaman Dwarf Baby Tears. Daunnya yang kecil dan lebat sangat disukai ikan untuk berkembang biak.
Untuk Lilaeopsis, Anda hanya perlu rajin memangkas tanaman yang mirip rumput ini karena tanaman ini sangat tumbuh dengan cepat dan dapat menyerang tanaman lain jika terlalu panjang.
Dan yang terakhir, tanaman yang paling mudah perawatannya adalah Water Wisteria, sama halnya dengan Amazon Sword, tanaman ini hanya perlu diperhatikan suhu airnya dengan pencahayaan sedang. Water Wisteria banyak disukai karena bentuk daunnya yang unik seperti renda. Namun selain tanaman, dekorasi akuarium ini tidak bisa terpisahkan dari hal-hal berikut :

Kualitas Air

Kualitas air sangat penting untuk diperhatikan, karena kualitas air yang baik akan mempengaruhi pertumbuhan tanaman dan ekosistem lain yang ada di dalamnya.

Seni parameter air

Seni dalam aquascape tidak hanya ada pada pengaturan tanamannya saja,tetapi lebih dari itu menjaga beberapa parameter air juga merupakan seni. Karena hal itu ini akan berhubungan langsung pada kualitas aquascape tersebut. Diantara parameter air yang harus diperhatikan adalah cara memasukkan media tanam, CO2, dan pupuk. Semua itu harus sesuai dan jelas komposisi serta perbandingannya. 

Kesehatan tanaman

Pentingnya menjaga kesehatan tanaman, seperti memotong bagian tanaman yang layu, menjaga pencahayaan termasuk menjaga suhu air agar tanaman aquascape dapat tumbuh dengan baik.

Keseimbangan ekosistem

Antara tanaman, ikan dan kebersihan serta beberapa bagian lain haruslah diperhatikan keseimbangannya. Karena dalam aquascape semua itu termasuk ekosistem dengan satu kesatuan yang utuh. Sebuah ekosistem buatan yang pada akhirnya harus bisa menguntungkan satu bagian dengan bagian lainnya. 

Tata letak

Sebuah seni dapat terlihat indah, manakala disusun dan dibentuk dengan komposisi dan tata letak yang seimbang. Sebuah aquascape harus bisa menjadi sebuah karya fotografi, artinya aquascape tersebut bisa menjadi framenya. Di mana terdapat sudut-sudut atau angle yang terlihat indah dengan proporsi yang bagus bahkan nyaris sempurna.
Sebagai contoh area renang ikan betul-betul diperhatikan untuk luas dan ruangan yang tersedia. Atau pada posisi batu, apakah sesuai dan bisa menarik pandangan pertama orang yang melihatnya. Inilah yang dinamakan seni aquascape.
Jadi, jika Anda adalah seorang pemula dan ingin mulai membuat tanaman aquascape, jangan lupakan hal-hal di atas ya. Semoga bermanfaat. 

Artikel Terkait

First